Cara Cepat Menghafal Materi

Sering kali orang menginginkan sesuatu itu serba cepat, mudah, ringan dan tidak ribet, termasuk dalam menghafal. Sebagian orang mengalami kesulitan dalam mengingat atau menghafal suatu materi, berikut merupakan formula agar daya hafal anda lebih berkualitas :

  • Kebanyakan orang mencoba hanya untuk membaca sebanyak yang mereka bisa, hanya menghafal sepotong tulisan. Cobalah menghapal sesuatu yg belum anda bias mengerti atau pahami.
  • Kegiatan seperti menulis ulang materi, menciptakan file audio untuk mendengarkan seseorang dalam membacakannya adalah cara yang bagus untuk menelan materi.
  • Setelah membawa materi, saatnya untuk mencoba untuk memuntahkannya keluar. Pada selembar kertas kosong, tuliskan semua yang Anda ingat dengan atau tanpa mengurangi kualitas hafalan anda.
  • Teknik lain untuk mengaktifkan memori Anda adalah garis besar atau kata kunci dari setiap materi. Di satu sisi, garis besar adalah teka-teki verbal untuk menghafal keterampilan Anda. Ini bisa menjadi panduan untuk apa yang Anda harus ingat dengan memberikan diri Anda petunjuk Artinya membiarkan otak Anda memperkirakan apa yang menjadi petunjuk.
  • Satu lagi kemajuan teknik untuk mencoba adalah untuk menulis huruf awal setiap kata yang harus dihafalkan. Berikutnya membaca bagian huruf dan mendapatkan sejauh yang Anda bisa. Kembali ke membaca bagian asli lagi dan kemudian kembali ke versi tanpa kata-kata Anda.
  • Ingat menghafal tidak hanya menyerap informasi tetapi juga regurgitasi informasi tersebut. Dari sini Anda harus mengulangi langkah sebelumnya, baca informasi dan kemudian membaca informasi, sampai Anda memiliki kemampuan menghafal yg baik.
  • Terakhir yaitu yakinkan keyakinan anda sekuat-kuatnya pada Allah SWT bahwa Dia lah Yang Maha Memiliki Ilmu, dengan begitu maka kegiatan menghafal anda akan terasa mudah, cepat, dan ringan. Insya Allah..

Teknik menghafal cepat sejatinya berasal dari kekuatan keyakinan/ kepercayaan diri anda akan penguasaan suatu materi, jadi yakin saja kalau anda bisa!! percayalah… Rabbanaa Zidnaa ‘Ilmannaafi’an, warZuqnaa Fahman Waasi’an.. :)

About these ads

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: