Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak – Menambah Fokus Memory

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Kita akan membahas tentang Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak, kenapa yg dicari tentang Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak? bukan cara meningkatkan dengkul? hehe just kidding. Anda mungkin tau betapa menyebalkan ketika Anda tidak dapat mengingat di mana Anda meletakkan kunci, atau mengingat nama teman Anda yang telah lama tidak ketemu. Dan sepertinya semakin Anda berjuang untuk mengingat hal-hal seperti itu, Anda sepertinya tambah pelupa! Langsung saja pada 6 points tentang Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak untuk menambah fokus memory di otak.

1. Makan makanan antioksidan dan omega-3

Untuk menjaga ingatan tetap muda meski otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel. Agar supaya otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi neuron-neuron tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat buat otak. Nah kebetulan sekali omega-3 ditemukan di banyak jenis ikan dan kacang-kacangan.

2. Permainan otak

Tentu saja, ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti Sudoku dan teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja. Latihan-latihan itu akan menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak saling bersambungan.

3. Bangun pagi dan cium rosemary.

Dalam sebuah penelitian tahun 2003, para psikolog meminta 144 relawan untuk melakukan serangkaian uji coba tentang ingatan jangka-panjang, cara kerja ingatan, dan uji reaksi dan perhatian. Beberapa orang melakukan tes itu di ruangan yang bebas bau, beberapa di ruangan dengan bebauan dari minyak esensi rosemary, dan sisanya bekerja dengan bebauan minya lavender. Hasilnya yg berada di ruangan rosemary lebih bagus daya ingatnya dibanding dengan lavender. Lavender menyebabkan kita untuk lebih cepat tidur.

4. Kunyah permen karet

Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung; atau ia mempengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.

Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka-panjang dan jangka pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apa-apa.

5. Berjalan kaki

Penelitian menunjukkan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus: orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus.

Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh imbas latihan yang menimbulkan stres ringan yang memicu produksi faktor pertumbuhan di otak. Kemungkinan juga karena aliran darah yang lebih besar ke otak sehingga semakin banyak nutrisi dan oksigen yang dihantarkannya.

6. Tidur

Dalam skala penelitian di lab menggunakan tikus, saat tikus tidur, dua area di otak – hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia atau tikus) – berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.

Simply you just need to see yourself, ooh teryata mudah ya cara meningkatkan daya ingat otak ya nggak? terimakasih aja sama orang yg udah cape2 melakukan penelitian yg budget nya wah, kita si tinggal musam mesem aja. Sekian cara meningkatkan daya Ingat otak. Kita kasih sumber[[[http://www.apakabardunia.com/2012/01/6-cara-menambah-daya-ingat.html]]]

About these ads

10 Tanggapan

  1. […] Untuk menjadi sukses dalam pekerjaan Anda, Anda harus mampu untuk multitask. Anda harus mampu tetap fokus pada apa yang ada kerjakan walaupun banyak tugas-tugas lainnya yang mengantri. Ketika dunia menjadi lebih teknis, ada tuntutan lebih bagi Anda untuk tetap fokus. Agar bisa melakukan ini, Anda harus melihat pada hal yang dapat Anda kontrol dan mencoba untuk tidak terpengaruh oleh orang-orang dan faktor lain yang di luar kendali Anda dan Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja Otak Anda dengan cara meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja otak, ya yg sabar aja ya nak, pak, bu.. hehe kita intip Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak […]

  2. gara2 sering begadang, saya jd sulit bangun pagi nih.. terima kasih admin utk artikelnya :D

  3. sangat bermanfaat infonya. thanks :)

  4. 3 thun q gak zkolah,,zkranx q zkolah lg di tingkt sma
    tp bgitu susah q menerima pelajaran
    sulit buat q ingat
    kasih solusi yaaa
    ni fb q ,,wtyliendha@yahoo.co.id

  5. Terima kasih infonya …. Sangat bermanfaat buat saya dan keluarga. :-)

  6. […] Cara Menghapal dengan Cepat dan Mudah bisa juga kita lakukan dengan Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak – Menambah Fokus Memory ditambah dengan Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja Otak – Meningkatkan Fokus Belajar. Anda bisa […]

  7. terimakasih atas info nya ;-)

    • gimana cara mengingat pelajaran yg kita pelajari

      • kalo saya pribadi:

            berdoa disertai niat, ini sangat penting karena disini kita meminta kpd Tuhan Yg Maha Memiliki Ilmu u/ diberikan ilmu yg bermanfaat buat kita

            berusaha, di sini kita berusaha semaksimal mungkin dalam niat dan tujuan kita

            sabar, sabar dalam berusaha

            tawakal dan syukur, jika usaha kita sudah maksimal, kembalikan semuanya kepada Allah dan berterimakasihlah pada-Nya dengan bersyukur

        oo iya, kalo otak dan pikiran udah mumet, jangan dipaksakan.. istirahat sejenak kemudian mulai lagi dengan suasana hati yg damai.. kalo hati damai..nikmat bukan? :)

  8. terbaik ..

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: