Manfaat Tomat, Menyediakan 40% Nilai Harian DV

Banyak sekali manfaat kesehatan dari memakan tomat. Tomat mengandung senyawa yang terbukti membantu mencegah kanker, penyakit jantung, katarak dan banyak lainnya.

Tomat adalah anggota dari family nightshade yang mematikan, dan dengan demikian dianggap beracun, dikatakn beracun semata karena menyebabkan banyak kondisi seperti usus buntu, “demam otak” dan kanker. Namun, ternyata tomat dapat memerangi kanker. Kanker apa saja?

Dimulai dengan dasar-dasar, tomat mengandung banyak vitamin C, menyediakan 40% dari nilai harian (DV). Mereka juga mengandung 15% DV vitamin A, 8% DV kalium, dan 7% dari kecukupan gizi yang dianjurkan (RDA) dari besi untuk wanita dan 10 % RDA untuk pria. Pigmen merah yang terkandung dalam tomat (lycopene), senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Peneliti Italia sudah menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi > 7 porsi tomat mentah menurunkan risiko mengembangkan usus rektum atau kanker perut sebesar 60 %. Peneliti Israel sudah menemukan bahwa lycopene merupakan inhibitor kuat dari paru-paru, payudara, dan sel kanker endometrium. Penelitian juga menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat membantu orang tua tetap aktif lebih lama. Study yang dilakukan oleh peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi 10 porsi tomat seminggu, atau setara dengan 10 potong pizza, dapat memotong risiko kanker prostat berkembang dengan 45 % yang tangguh.

Dari uraian tersebut sudahlah jelas banyak sekali manfaat dan kandungan tomat terutama untuk berbagai jenis kanker. Mari budayakan makan tomat

Leave a Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: